WALHI Desak Ketersediaan Lahan Terbuka Hijau Kota

Renon, Sekitar 30 orang aktivis Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Bali menggelar aksi bersepeda keliling kota Denpasar. Aksi berlanjut dengan orasi di Gedung DPRD Bali Renon Denpasar, Rabu (4/6).

Pada aksinya aktivis Walhi mendesak DPRD Bali dan pemda Bali untuk menyediakan lahan terbuka hijau kota. Termasuk memasukkan ketersediaan lahan terbuka hijau kota dalam revisi Rencana tata ruang wilayah (RTRW) Bali.

Walhi Bali juga menuntut adanya ketersediaan jalur bagi pengguna jalan kaki dan jalur bersepeda. Koordinator Divis Program Walhi Bali Kadek Agus Darmawan menyatakan Walhi juga berharap Pemda Bali dan DPRD Bali untuk meninjau ulang rencana perubahan ijin ketinggian bangunan dari 15 meter menjadi 33 meter.

“Ketika ketinggian tersebut disetujuai, maka akses masyarakat terhadap terbit dan terbenamnya matahari tidak ada lagi. Ini juga nantinya akan berhubungan dengan daya dukung dan daya tampang lingkungan Bali,” tegas Kadek Agus Darmawan.

Pada aksinya di Gedung DPRD Bali, Walhi juga berharap pemerintah menghentikan pembangunan pusat-pusat perbelanjaan moderen yang merugikan pedagang tradisional. Selain itu, hal ini akan menyebabkan alih fungsi lahan terbuka hijau kota dan area public lainnya.  (Arix Sawa Bali)